Academic Orientation

Setelah melaksanakan General Orientation selama seminggu, lalu inaugurasi tanggal 30 Agustus 2016, Binusian 2020 akan memulai Academic Orientation (AO) pada tanggal 5-17 September 2016. Saya masuk dalam kelas LQ01 yang didalamnya juga ada mahasiswa dari DAS (Gelombang 4). Saya mulai masuk tanggal 6 September dengan mata kuliah Computer Science.

Di hari pertama AO, saya harus berangkat pukul 06.15 karena kelas dimulai pukul 07.20. Sesampainya di BINUS, saya langsung menuju ruang ASA0901-03, ternyata sesi ini adalah kelas besar. Kelas besar ini digabung dari beberapa kelas.
Pelajaran pun dimulai. Kami akan belajar Pengenalan Algoritma I dengan Pak Bayu. Kami belajar tentang pengenalan algoritma melalui kasus-kasus yang sederhana dan masih dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu kami mengikuti sesi dengan Pak Nicho pukul 09.20-11.00. Pak Nicho mejelaskan tentang skill-skill yang harus kita punya sebagai developer. Setelah mengikuti kelas besar, kami pindah ke ASA0503 dan dibimbing oleh Pak Harvianto sampai pukul 17.00. Pak Harvianto menjelaskan tentang presentation skills dan Mind Map. Di sesi ini kami diberi tugas untuk membuat tugas kelompok berupa PKM-GT (Program Kreatif Mahasiswa – Gagasan Tertulis) yaitu membuat suatu idea tau inovasi baru yang berhubungan tentang teknologi dan tugas untuk membuat blog binusian dan menuliskan pengalaman kita sebagai Binusian 2020 dari General Orientation, Academic Orientation, Organizational Skills, dan HTTP 2016.

Di hari kedua AO, 8 September 2016, kami masuk ke kelas ASA0503 dan bertemu Ibu Livia. Hari ini kami sesi Computer Science tentang Pengenalan Algoritma II, Pseudocode, bagaimana dasar-dasarnya dan cara penulisannya. Kami juga mendapatkan textbook C How To Program.

Tanggal 9 september 2016, kelas kurikulum dimulai pukul 13.20 – 17.00. di sesi ini kami diperkenalkan dengan orang-orang penting yang ada di School of Computer Science, seperti dekan, dosen-dosen, dan lainnya yang akan membantu kami para Binusian dalam perkuliahan. Kami juga diinformasikan berbagai peminatan yang akan kami jalankan nanti di semester 4.

Tanggal 10 September kami mendapat kelas GSLC, yaitu kelas diluar kampus. Kami hanya diberi tugas yang bisa dilihat di Binus Maya. Karena pada hari itu ada HTTP, jadi kami hanya melanjutkan tugas yang kami untuk membuat blog binusian.

Lalu kami masuk kembali pada tanggal 13 September, hari itu kami ke Laboratorium di lantai 14 untuk mengikuti sesi Pengenalan Algoritma III dengan Pak Harvianto. Pak Harvianto menjelaskan tentang beberapa syntax yang sering digunakan. Disini kami langsung praktik coding di komputer.

Pada tanggal 14 September kami ada kelas Academic Advisory. Namun setelah menunggu hampir satu jam dosen tak juga kunjung datang. Akhirnya kelas Academic Advisory kosong dan kami punya waktu istirahat lebih untuk selanjutnya kembali ke kelas Computer Science. Kami lalu bergegas ke ASA0503 untuk mengikuti sesi pengenalan lanjut tentang Teknik Informatika dengan Pak Nicho. Kami juga mendapat kisi-kisi untuk ujian AO pada esok harinya.

15 September 2016, adalah hari terakhir pelaksana AO untuk kelas LQ01. Di jam pertama, kami pergi ke ASA1301 untuk melaksanakan ujian AO. Sebelumnya saya sudah belajar apa yang saya bisa pelajari walaupun saya masih belum mengerti dan tidak lupa membawa KMK. Kami diberi 4 soal praktik dan 2 soal essay. Setelah ujian kami masih ada sesi terakhir yaitu Support Center for Your Success. Disini adalah penjelasan perpustakaan yang ada di BINUS.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *