General Orientation

photo

Hallo semuanya!! Perkenalkan saya Theofila Zefanya Setyadewi, biasa dipanggil Fila atau Theo. Saya adalah mahasiswa Bina Nusantara (BINUS) Alam Sutera tahun 2020 jurusan Teknik Informatika. Kali ini saya akan menceritakan bagaimana pengalaman saya mengikuti General Orientation di BINUS sebagai mahasiswa baru.

Saya mulai GO pada tanggal 8 Agustus 2016 dan berakhir tanggal 15 Agustus 2016. Dikarenakan banyaknya mahasiswa baru (maba) yang masuk BINUS, BINUS membagi maba-mabanya menjadi 5 gelombang. Saya dimasukkan ke dalam CAS02 atau gelombang 3 untuk BINUS cabang Alam Sutera jurusan teknik informatika.

Tanggal 8 Agustus 2016, saya berangkat dari rumah pukul 08.15 dengan GO-JEK karena maba tidak diperbolehkan untuk memarkirkan kendaraan di BINUS saat GO. Saya sampai pukul 08.50 dan langsung ke lantai 6 ruang ASA0603. Saya memasuki ruangan dan ternyata sudah penuh sekali karena 09.00 akan dimulai. GO hari pertama pun dimulai, kami bertemu dengan kakak-kakak tingkat atau Buddy Coordinator (BC) yang akan membimbing kami selama GO 6 hari ke depan. Ada Ka Ardhi, Ka Irwan, Ka Kheffri, Ka Shelly, Ka Kent, Ka Daniel, Ka Kenny, dan Ka Hans yang juga sebagai BC Koor.

Hari pertama ini kami berkenalan dengan Kakak BC, lalu Ka Irwan mulai menjelaskan gambaran FEP satu semester kedepan, ada General Operation, Academic Orientation, dan Campus Life Orientation. Kemudian kami dibagi menjadi 7 kelompok kecil untuk berdiskusi satu dengan yang lain. Saya berkelompok dengan Anggrina, Farrel, Cahyo, Zaky, Hansel, Abieza, dan dibimbing oleh Ka Ardhi. Di kelompok itu kami boleh bertanya seputar kehidupan kuliah nantinya, kami juga diberi beberapa kasus untuk bisa kami diskusikan bersama. Di akhir sesi kami ditugaskan untuk membuat yel-yel yang akan ditunjukkan pada sesi akhir GO dan video kreatif. Kami juga disuruh membuat surat cinta untuk semua kakak BC kami.

Pada hari kedua kami memulai kelas pada jam 09.20. Kakak BC menjelaskan Global Employability & Entrepreneurial Skills (Global EES), Graduate Attributes, dan Organisasi Kemahasiswaan. Disini kami dijelaskan tentang keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam pekerjaan serta kewirausahaan dalam konteks global, lalu soft skills yang harus kami miliki, dan organisasi-organisasi yang ada di BINUS seperti Himpunan Mahasiswa Jurusan, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan Komunitas. Hari ini kami juga bertemu dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika atau HIMTI.

Di hari ketiga, kami mendapat sesi tentang Sukses Kuliah & Aturan Tata Tertib Kehidupan Kampus. Pada sesi ini kami bertemu salah satu orang dari SSC (Student Services Center), disini kami dikenalkan dengan berbagai sarana prasarana BINUS yang akan memperlancar jalannya perkuliahan, seperti SCDC ( Student Creativity & Development Center), SAC (Student Advisory Center), SSC (Student Services Center), dll. Kami juga diberi sebuah permainan bernama UNIQLO, yaitu permainan yang bisa mengenal satu sama lain antar anak CAS02. Lalu kami membahas Noble Dream, yaitu cita-cita kita kedepannya dengan target yang tepat.

Lalu di hari keempat kelas dimulai pukul 07.00, jadi kami harus datang ekstra pagi dari biasanya. Kegiatan hari ini adalah bunga rampai dan binus maya. Di bunga rampai kami anak CAS dikumpulkan dalam satu kelas besar dan nanti ada perwakilan berbagai UKM yang akan memperkenalkan UKM-UKM mereka. Setelah bunga rampai, kami ke laboratorium di ruang ASA1506 untuk membuat Binus Maya. Binus Maya adalah website yang digunakan para binusian dan dosen yang akan mendukung kegiatan belajar mengajar.

Pada hari kelima, kami juga dikumpulkan di ruang kemarin kami mengikuti Bunga Rampai. Kali ini adalah sesi Binus Way, disini kami akan bertemu Prof. Dr. Ir. Haryanto Prabowo, MM selaku Rektor Bina Nusantara. Beliau menjelaskan bagaimana BINUS awalnya berdiri hingga sekarang. Setelah itu, kami mengikuti kelas tentang perkuliahan, ujian, dan registrasi. Disini ka Ardhi dan ka Kent menjelaskan bagaimana tata cara saat kita ujian nanti dan registrasi seperti daftar ulang ketika sudah ajaran baru. Kemudian, kami mengikuti sesi kerohanian, disini kami dipisah menurut agama masing-masing, saya mengikuti PO (Persekutuan Oikoumene).

Hari keenam GO, adalah hari terakhir kami melaksanakan GO. Pada hari ini kami melakukan semua kegiatan di luar kelas. Paginya kami ke ALC untuk acara kebersamaan. Disini kami akan menampilkan yel-yel yang telah kami persiapkan di hari-hari sebelumnya. Disini para BC juga melakukan flashmob yang sangat bagus. Setelah acara kebersamaan kami bergegas ke Lobby Main Campus untuk melihat EXPO. EXPO ini adalah sesi yang telah disediakan bagi mahasiswa baru yang ingin mendaftarkan diri dalam UKM atau HMJ. Saya mengikuti UKM Bersama Dalam Musik (BDM) dan Teach For Indonesia (TFI). Saya juga mendaftar HTTP 2016, yaitu acara untuk IT Binusian 2020 yang diselenggarakan oleh HIMTI.

Demikian serangkaian General Orientation Batch 3, Binusian 2020, BINUS Alam Sutera. Setelah GO, para mahasiswa yang memiliki TOEFL dibawah 457 akan mengikuti English Foundation selama seminggu.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *