Organizational Skill

Organisasi adalah sekelompok orang dalam suatu wadah yang mempunyai tujuan bersama. Setiap orang yang merupakan bagian dari dalam organisasi tersebut haruslah mempunyai keahlian dalam berorganisasi, yaitu soft skills. Terutama kita sebagai mahasiswa, tentu sangat diperlukan yang namanya keahlian dalam berorganisasi di dalam kehidupan kuliah. Keahlian yang kita miliki akan sangat berguna hingga kita bekerja atau jika ingin wirausaha nanti.

Banyak wadah yang disediakan oleh universitas untuk meningkatkan soft skills dalam diri kita. Contohnya adalah organisasi kemahasiswaan, seperti Himpunan Mahasiswa Jurusan( HMJ ), Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ), dan macam-macam komunitas lainnya.

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan kita secara tidak langsung akan mendapat soft skills untuk menunjang diri kita. Beberapa soft skills diantaranya adalah :
 Self Management
Kita dapat mengatur diri kita sendiri dalam berbagai hal, baik waktu, tenaga, dan emosi.
 Initiative and Enterprise
Kita dapat membentuk diri kita menjadi pribadi yang lebih berinisiatif dan berusaha dalam berbagai hal
 Team Work
Kita dapat membentuk diri kta menjadi pribadi yang mau bekerja sama dengan siapapun di dalam organisasi
 Problem Solving & Decision Making
Kita dapat membentuk diri kita agar bisa mengatasi masalah yang ada dan mengambil keputusan dengan matang
 Communication
Kita akan dilatih menjadi pribadi yang dapat berbicara di depan umum dengan baik, santun, dan dapat dimengerti khalayak public
 Planning & Organizing
Kita menjadi pribadi yang mampu merencanakan dan mengorganisir setiap kegiatan yang akan kita lakukan.
Sebagai Binusian 2020, saya mengikuti 2 UKM dan 1 Komunitas, yaitu Bersama Dalam Musik (BDM), Teach For Indonesia (TFI), dan Persekutuan Oikoumene (PO). Alasan saya mengikuti BDM karena ingin memperdalam musik yang saya punya sekarang, sedangkan TFI karena saya tertarik dengan kerja social dan sebagainya. Selain mendapat soft skills, kita juga akan mendapat teman baru dari berbagai jurusan, dan dapat menambah point dan jam social yang dibutuhkan mahasiswa sebagai syarat jika mahasiswa ingin membuat skripsi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *