HTTP 2016

HEADER TANPA MENU (1)
Sabtu, 10 September 2016, pukul 04.00 alarm berbunyi begitu kencang dan membuat saya terbangun. Saya mandi, makan, dan menyiapkan barang yang harus dibawa. Lalu akan kemanakah saya pergi? HTTP 2016. Ya, HTTP 2016. HTTP (Himti Togetherness and Top Performance) adalah acara penyambutan yang dilaksanakan setiap tahunnya untuk binusian yang baru menjalankan masa kuliahnya di bidang Teknik Informatika. HTTP sendiri diselanggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI).

Pukul 05.45 saya berangkat menuju Binus Alam Sutera dan berkumpul dengan anak-anak yang lain dan menaiki bus yang telah disediakan panitia untuk mengantar kami ke acara HTTP yang bertempat di Kantor Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Kami sampai disana pukul 7.15 dan mengantre untuk memasuki ruangan acara berlangsung. Dikarenakan acara akan berlangsung satu setengah jam lagi, panitia menampilkan film Zootopia agar kami tidak bosan saat menunggu acaranya dimulai.

Akhirnya acara sudah dimulai, para pembawa acara sudah naik ke atas panggung. Kemudian acara dimulai dengan kata sambutan dari perwakilan HIMTI. Setelah itu dekan dan para dosen yang akan mengajar dan membimbing kami memperkenalkan dirinya masing-masing. Acara HTTP ini dihadiri dari mahasiswa teknik informatika, teknik informatika dan matematika, teknik informatika dan statistika, MAT, GAT, MTI, dan Cyber Security baik dari BINUS Alam Sutera, BINUS Kemanggisan, maupun PPTI BCA.

Setelah itu adalah acara game. Panitia memilih 6 anak dari seluruh binusian untuk ikut berpartisipasi dalam game. Game ini sendiri adalah game sambung kata, dan akhirnya didapat 2 orang pemenang. Acara ini juga diisi oleh band dari binusian 2020 bernama Peanut Butter dan penampilan solo dari binusian 2018 bernama Adam Sidqon. Waktu sudah pukul 10.30, kami rehat selama satu setengah jam untuk waktu makan siang dan sholat bagi umat Muslim. Di waktu rehat ini panitia juga menyelenggarakan showcase game yang telah mereka buat sendiri.
image (2)

Acara selanjutnya dimulai adalah talkshow dengan alumni BINUS, ada ka Christian, ka Reinhard, dan ka Nathan yang sma-sama dari Teknik Informatika Binusian 2016. Mereka adalah salah satu dari banyak binusian yang berprestasi. Ka Reinhard, ka Christian, dan rekannya satu orang lagi membentuk suatu tim yang menciptakan suatu robot yang mampu mengenal wajah kita dan berinteraksi menggunakan bahasa indonesia bernama BIMAX. BIMAX juga dapat bercerita dengan kita dan memainkan musik yang kita inginkan. Pengerjaan robot ini memakan waktu selama 5 bulan.

Satu lagi adalah dari ka Nathan dan timnya yang membuat suatu aplikasi yang dapat mendeteksi kepribadian orang dengan melihat social media orang tersebut. Awal mula dari pembuatan aplikasi ini karena tugas skripsi dengan ide Twitter. Akhirnya ka Nathan menggabungkan ilmu teknik informatikanya dengan psikologi yang ia juga sukai. Cara penggunaan aplikasi ini adalah kita perlu registrasi terlebih dahulu, lalu kita dapat memasukkan username seseorang yang ingin kita cari tahu kepribadiannya seperti apa dan nanti akan muncul hasilnya dibawah. Aplikasi ini juga didukung oleh professor dari Itali.

Setelah acara talkshow selesai, acara selanjutnya adalah visualisasi HTTP. Visualisasi HTTP bercerita tentang mahasiswa baru BINUS yang ingin menjadi aktivis HIMTI. Mereka mengikuti berbagai kegiatan seperti FEP, HEXION yaitu acara yang diselenggarakan oleh calon aktivis HIMTI, dan WAH yaitu wawancara untuk menjadi aktivis HIMTI. Visualisasi ini juga ditampilkan dengan unik.

Visualisasi pun selesai, kami diberi waktu untuk istirahat dan makan, sedangkan panitia mulai mengeluarkan kursi yang ada di ruangan untuk acara selanjutnya. Sekitar satu jam kemudian kami masuk kembali ke ruangan. Kami semua berkumpul di tengah ruangan karena acara selanjutnya adalah welcoming party. Inilah acara puncak dari http, kami disuguhkan dengan penampilan dance, band, dan yang terakhir DJ. Semuanya menikmati acara ini, ada yang bertepuk tangan, melompat-lompat, mengambil gambar dan video.
image (1)

Acara pun selesai, kami diberi merchandise dan diperbolehkan pulang . ada yang pulang membawa kendaraan pribadi dan ada yang ikut dengan bus yang disediakan panitia. Saya pulang dengan bus bersama teman-teman yang lainnya, tapi kami harus menunggu hamper satu jam untuk mendapat bus. Pukul 20.50, bus kami berhenti. Ternyata bus yang kami tumpangi bukan mengantar kami ke BINUS Alam Sutera, melainkan ke BINUS Kemanggisan, padahal kami sudah memberitahu dari awal kalau kami dari Alam Sutera kepada panitia dan kami disuruh menaiki bus ini. Akhirnya salah satu dari kami menelepon panitia dan meminta solusi agar kami bisa pulang, karena hari sudah malam dan ada sebagian anak yang memiliki kegiatan lain.

Sambil menunggu, kami masuk ke dalam BINUS Anggrek, tapi kami tidak diperbolehkan masuk, jadi kami hanya duduk di tempat drop-off karena saat itu sedang hujan. Lebih dari 30 menit, akhirnya kami mendapat bus yang akan mengantar kami ke BINUS Alam Sutera. Kami akhirnya sampai ke tempat tujuan dengan selamat pukul 22.00.

Dari mengikuti acara HTTP2016 ini, banyak hal yang dapat saya pelajari. Saya bisa bertemu dengan orang-orang hebat, seperti dekan, dosen-dosen yang akan mengajari kami, dan juga pengisi acara baik dari musik, visualisasi, dan talkshow. Mereka semua adalah orang-orang hebat dan mereka juga masih muda, itu mendorong saya untuk selalu berusaha agar bisa sukses di masa muda saya sekarang. Lalu panitia HTTP yang sudah menyiapkan acara ini dengan matang tentu tidaklah mudah. saya belajar juga bagaimana time management dan teamwork mereka. Dan yang terakhir adalah teman-teman, ya walaupun kami harus menunggu bus dan pulang hingga malam, kami bisa belajar untuk saling mempererat hubungan pertemanan kami satu dengan yang lainnya. Saya yang awalnya hanya dekat dengan satu atau dua orang, kini saya bisa lebih akrab dengan teman-teman yang lain
image

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *